raja ampat

yeap, tempat ini belakangan makin sering disebut-sebut, karena keindahan bawah lautnya, panorama alamnya, maupun karena mahalnya budget yang dibutuhkan untuk dapat menikmati liburan di sini. Ga heran kalo tempat ini menjadi salah satu tempat liburan yang paling diimpikan banyak orang, termasuk gw 😛

yeah, apapun yang berkaitan dengan selalu bikin gw ileran, apalagi ngeliat foto2nya, booook… gw suka merinding takjub sama pesonanya.

Ga susah buat nemuin informasi tentang raja ampat, di gugling aja, langsung deh keluar info2 yang ngebikin iler gw makin deres, sedikit cuplikan dari guglingan gw;

Raja Ampats, located west of the Birds Head Peninsula, are administratively part of Papua Barat/Iran Jaya, but they are very different from the rest of west Papua, which the travel guides are focused on. Geographically and when it comes to nature, history and culture, the Ampats are in many ways closer to Moluku. This small area in Indonesia has the richest coral reef life in the world. Kind of the coral reef epicenter of the planet.

Apart from the reefs, this area also has some of the most stunning top-side views in the world; lime stone islands that reminds you of, but are even more dramatic than, the famous Rock Islands of Palau; big cathedral-like caves inside the islands; quiet lagoons with crystal white sand and water in every shade of blue and green; bird life such as the Birds of Paradise that brought Alfred Russel Wallace to this region over a century ago; the most stunning sunsets you’ll ever see; and – almost no tourists..

Raja Ampat* means “the four ‘kings'”, a name dating back to the 15th century, when the Sultanate of Tidore – one of the muslim sultanates in the original Maluku west of Halmahera – appointed four local “rajas” in Misool, Salawati, Batanta and Waigeo.

1,606 species of reef fish in the Bird’s Head Seascape
1,397 species of reef fish in Raja Ampat
35 species of endemic reef fish found only in the Birds Head Seascape
603 species of hard coral recorded in the Bird’s Head Seascape
75% of all known coral species in the world
10 times the number of hard coral species found in the entire Caribbean
57
species of Mantis Shrimp in the Birds Head Seascape
13
species of Marine Mammals in the Bird’s Head Seascape
5
species of endangered sea turtles in the Bird’s Head Seascape

makin dicari informasinya, gw makin banjir iler, ga ada matinya nih emang raja ampat, padahal gw kan gabisa diving, gapunya duit juga buat jalan2 kesono, cuma bisa ngimpi. *(untung aja ngimpi masih gratis, kebayang kalo musti bayar juga)

rajaaaaaa Ampaaat…… kapan kita bisa ketemu?  Auuuuuuo……

Lapangan Bola


secara ga sengaja gw nemu rumah ini, pas pulang kampung. posisi rumah ini di kaki gunung Singgalang, sekitar 1300-1400 m dpl, ± 3km lah dari rumah gw.

Warga sekitar yang ngeliat gw lg foto2,pada heran gitu. Apa menariknya?

Yeap…Bagi warga sekitar, dan mungkin bagi sebagian besar penduduk yang ga tinggal di daerah perkotaan,ga ada yang menarik dari rumah ini, Termasuk lokasinya. catet:lokasinya. Gw mengira2 mungkin si pemiliknya jangan 2 juga ga sadar , betapa menariknya lokasi rumah dia, saking tiap hari ngeliat view itu, wkwkwk….

Padahal kalo lokasi ini ada di pinggiran kota, pasti udah jadi inceran, entah mau dibikin Villa, cafe, atau apalah, sesuatu yang lebih komersil.Lagipula, pasti tanah di sini harganya murah… (otak padang gw langsung beraksi :P)

"lapangan bola di kaki langit"

"lapangan bola di kaki langit"

background hutan pinus

"penonton tanpa tiket"

tepat di depan rumah itu, ada lapangan bola.  Tadinya, gw cuma tertarik sama si lapangan bolanya doang, sebelum gw nemu si rumah . Ya iyalah, gimana gw ga tertarik, ngeliat anak2 lagi maen bola, kek udah di kaki langit gitu…, pake background hutan2 pinus, + bonus 2 kebo sebagai penonton. Seger banget…

Tadinya pas pertama kali liat site ini, gw langsung kebayang  pengen ngedesain kompleks Villa minimalis tropis di lokasi ini, lengkap ama segala atribut landscapenya. Tapi somewhat, setelah gw nongkrong2 aga lama ngeliatin anak2 itu maen bola (gw jadi penonton ketiga, setelah 2 kebo yang tadi),  keknya bagus begini aja, suasana bermain bola seperti ini jauh lebih menarik daripada suasana villa yang masih bisa ditemukan di tempat lain 😀

Azan

—sebaik2nya manusia adalah manusia yang segera mengambil wudhu, dan bersiap-siap untuk shalat, sebelum azan dikumandangkan—

*terpikir begitu saja ketika selesai shalat isya, dan mendengar azan yang menandakan  waktu isya baru saja masuk.

(bela diri nih ye :D)

Radio

Minggu malam,11.25 pm;

Sambil terkantuk2, gw masi ngutak-ngatik si lappie,

Bosen ngedengerin ceracauan di metro TV (yang masih aja ngebahas gayus), gw iseng nyalain radio dari mp3 .

-tit,mp3 nyala-

Pas awal nyalain, pas banget si radio muterin lagu yang gw suka.

-kebeneran …, gw pikir-

30 menit berselang, ni radio lagunya makin oke aja,makin gw banget, udah kek muterin playlist gw aja, padahal gw ga request lgitu…

60 menit berselang…Jadi penasaran, ni radio apaan sih? Bisa gw banget gitu, jadi pengen tau berapa fmnya, gw beranjak mendekati si mp3 .

Oalah! Rupanya yang dari tadi diputar emang playlist di mp3, gw lupa ngerubah settingannya biar jadi radio. Huahaha… udah kegeeran aja ada radio yang “gw banget”. Telat banget gw nyadarnya setelah 60 menit. pantes aja dr tadi ga ada iklannya 😀

-hoaheeem-